Siswa SMKN Bali Ubah Jelantah Jadi Bio Diesel

Hari ini, Kamis (12/12/2019), sebelum sepedaan framebike dan JournalistMTB menyempatkan diri untuk berkunjung ke SMKN 1 Kuta Selatan. Apa yang menarik dari sekolah ini?

Ya, dalam upayanya untuk membuat sumber daya/energi terbarukan, siswa SMKN ini -dengan disupervisi gurunya, membuat biodiesel dari limbah minyak jelantah. Dan, wow! Langsung dites dengan menyalakan generator.

Awalnya para siswa mengumpulkan limbah minyak jelantah -termasuk dari resto dan hotel, selain limbah rumah tangga. Selanjutnya, minyak jelantah dicampur bubuk kimia tertentu, dipanaskan hingga panas 80 derajat hingga turun ke 60 derajat.
Nah, dari sini didinginkan hingga akan terpisah calon bio diesel dan gliserin. Proses ini memakan waktu satu hari. Lalu dipanaskan kembali kali ini dengan menggunakan air. Didiamkan 3 hari, lalu dipisahkan antara air dan bio diesel.

Ya, bio diesel siap digunakan. Ia bisa dimanfaatkan tanpa campuran (100 persen) atau bisa menjadi campuran bahan bakar solar. Proyek ini sendiri merupakan kolaborasi dengan PT Pertamina.
Mantap!

Catatan: Ini bukanlah inovasi pertama, karena pernah membuat penerangan sekolah memanfaatkan cahaya matahari. Bahkan, tahun lalu juga membuat kapal laut yang tenaganya berasal dari cahaya matahari. Mengolah sampah organik, dan sebagainya.

#framebike #framebikeindo #SMKN1Kuta.#BioDiesel #Pertamina #CSRPertamina #10TahunJMTB #PTPertamina.#JMTB #JournalistMTB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *