Atasi Sakit Pinggang

Sakit pinggang  bisa membuat semua rencana gowes sahabat goweser gagal. Tersiksa, merana, dan seolah-olah dunia tidak adil -kenapa bukan orang lain saja sih yang mengalaminya? Mereka yang jarang berolahraga maksudnya.

Ketimbang sahabat merasa underpressure, merasa iri pada kebahagiaan orang lain yang bisa uphill ke Bojong Koneng, ikuti tiga cara mudah mengenyahkannya.

Menaruh dompet di kantong saku baju. Jika sering sakit pinggang, cobalah untuk tidak menaruh dompet di kantung belakang celana. Menduduki 30 lembaran seribuan dan sepuluh kartu kredit bisa  membuat saraf-saraf sciatic –saraf utama yang terletak di sepanjang pinggul- tertekan.

Konsultasi pada tukang jahit. Ada kemungkinan masalah sakit punggung/pinggang terjadi akibat salah satu kaki  lebih pendek dari yang lain. Masalahnya, sedikit saja sahabat goweser kehilangan keseimbangan –saat lari pagi atau jalan-jalan di taman- bisa membuat tulang rangka melengkung ke sisi kaki yang lebih pendek. Tekanan pada rangka inilah yang membuat  selalu meringis. Sialnya, kebanyakan kita tak tahu apakah kaki kita panjang sebelah –tapi seorang tukang jahit dapat mengukurnya. Jika memang kaki sahabat panjang sebelah, atasi masalahnya dengan penyangga/pengganjal sepatu atau berobatlah ke podiatris untuk mendapatkan alat penyangga rangka tubuh.

Bijak saat mengangkat. Sakit pinggang bisa terjadi karena keteledoran saat mengangkat beban berat. Upayakan menggunakan sedikit mungkin sumbu tubuh, saat mengangkat beban yang berat. Jangan takut bergerak, justru aktivitas yang banyak mempergunakan pinggang akan melemaskan otot-otot tubuh yang tertarik. Sebaliknya, memanjakan pinggang secara total hanya membuat otot semakin keras dan rasa sakit bertahan lebih lama.

TIPS

Cara menghilangkan sakit pinggang tanpa minum aspirin. Pakai pelapis panas, seperti patch. Para peneliti menyebutkan, memakai ‘pelapis panas’ di balik kemeja setiap hari, menurunkan rasa sakit hingga 25%. Para ahli percaya, pelapis bisa meningkatkan elastisitas jaringan otot, sekaligus mendorong aliran darah bersih menuju bagian tubuh yang sakit. Catatan: Ketika sahabat tidak bisa menggunakan pelapis, baluri bagian yang sakit dengan obat gosok yang mengandung capsaicin –bahan yang membuat lada menjadi pedas.

#framebikeindo

Penulis: Gilang

Foto: Gilang

Model: Shahnaz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *