Makanan Nikmat untuk Otak

Kadang, ada atlet usia dini yang mendadak sulit fokus saat sedang melakukan program latihan. Ini hal yang wajar, mengingat tidak selamanya mereka  berada dalam peak performance. Berikut adalah beberapa asupan yang bisa membuat sahabat goweser kembali fokus.

ANTIOKSIDAN
Kandungan antioksidan yang tinggi pada makanan telah terbukti dapat meningkatkan memori dan fungsi otak. Zat ini bisa ditemukan dalam buah dan sayuran berwarna, biji-bijian, serta kacang-kacangan. Supaya sahabat goweser tidak bosan, makanan tersebut dapat disajikan dalam bentuk smoothie atau dikombinasikan dengan roti panggang.

LEMAK
DHA atau docosahexaenoic acid adalah salah satu asam lemak utama yang mendukung perkembangan otak yang sehat. Suplementasi dengan minyak ikan –sumber utama DHA – mampu memperbaiki gejala kurang fokus dan konsentrasi. Makanan-makanan yang mengandung DHA alami bisa ditemukan pada salmon, makerel, dan rumput laut.

ZAT BESI
Zat besi sangat berperan dalam perkembangan otak. Makalah yang diterbitkan di Food and Nutrition Bulletin mencatat, defisiensi zat besi mampu memengaruhi perkembangan psikomotor. Efeknya pun bisa berlangsung hingga masa tua, di mana sahabat goweser akan menunjukkan kinerja tes kognitif yang lemah. Sumber zat besi yang baik dapat diperoleh dari kacang kenari, lentil, dan daging sapi.

MAGNESIUM
Menurut penelitian yang dilakukan di University of Maryland Medical Center, kekurangan magnesium dapat menyebabkan penurunan rentang perhatian. Karena itu, konsumsilah magnesium. Mineral ini dapat membantu sahabat untuk lebih fokus. Sumber magnesium meliputi roti gandum, kacang, dan selai kacang.

VITAMIN B
Vitamin B12 merupakan salah satu dari delapan jenis vitamin B yang diperlukan untuk tubuh. Vitamin B12 memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan sel-sel saraf dan menambah. Kebutuhan tubuh akan vitamin B12 bisa didapatkan dari bahan makanan seperti hati sapi, ikan, unggas, telur, dan susu. Selain itu vitamin B6 juga berperan penting dan dapat diperoleh dari pisang, kacang-kacangan, ayam, dan biji-bijian.

#framebike
#framebikeindo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *