Sepeda Tangguh Untuk Turun Gunung

Thrill Ricochet 3.0 menjadi penyempurna bagi generasi sepeda full/double suspension keluaran Thrill-Wim Cycle. Jika generasi sebelumnya bernama Thrill Agent dan memiliki diameter roda 26 inchi, maka Ricochet keluar dengan diameter roda 27.5 inchi. Kekhawatiran bahwa diameter roda yang bertambah akan mengambat kelincahan ternyata tidak terbukti, di jalur turunan, Ricochet bisa dibilang jagoan.

Dalam ujicoba yang dilakukan di jalur menurun, Ricochet ternyata bisa bermanuver dengan cantik. Center of gravity-nya cukup pas, sehingga ia bisa diandalkan untuk melahap drop off di bawah satu  meter secara mulus (tanpa bumping out). Tentu saja, untuk itu Anda harus mengeset tekanan angin yang sesuai dengan berat badan Anda.

Kelebihan lainnya adalah cockpit sepeda. Panjang top tube yang pas –tidak terlalu panjang, membuat kontrol terhadap handle bar cukup solid. Panjang handle bar, pilihan jenis ban juga terasa pas untuk melewati trek tanah dan berbatu yang menurun (asal tidak terlalu licin), yang didukung dengan pilihan group set kelas menengah.       Kekurangan yang sangat terasa di Ricochet adalah bobotnya yang berat –padahal ia sepeda berjenis cross country dan trail, yang semestinya cukup nyaman untuk dekendarai di jalur menanjak dan datar. Mungkin sebaiknya, Ricochet masuk dalam genre sepeda all mountain –yang artinya, suspensi belakang pun diganti menjadi lebih panjang. Karena memang, saat dikendarai di jalur menurun Ricochet langsung menunjukkan taringnya. Nyaman!

Kendala lain adalah panjang seatpost yang terbatas karena desain seat tube yang melengkung. Singkatnya, Anda mesti memiliki dua seatpost: Yang panjang dan pendek untuk meyiasati hal ini.

Untuk kenyamanan lebih, maka strategi yang bisa Anda lakukan adalah: Up grade group set dan fork/suspensi depan. Dengan harga yang tidak terlalu tinggi, berbanding dengan teknologi yang dimiliki, saya kira Ricochet pantas mendapat angka 7.8. (Gilang)

Penggiat olahraga sepeda

 

+ Cockpit sepeda

+ Handle bar, pilihan group set dan ban

+ Harga yang relatif murah untuk kelasnya

+ Pilihan ban 27.5 inchi yang lincah

– Bobotnya yang cukup berat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *