Saung Baca dan MCK JournalistMTB

            Tanggal 5 Desember dua tahun  lalu, merupakan hari yang menyenangkan bagi wartawan pesepeda yang tergabung dalam JournalistMTB (JMTB). Menggandeng Journalist 4×4 –wartawan yang menyukai medan off road dengan mobil bergardan ganda, mereka meresmikan saung baca dan MCK di kampung Cibuntu, Desa Leuwikaret, Kec. Klapanunggal, Bogor.

“Meski tempat ini dekat dari ibukota, ternyata kondisi jalannya masih berbatu, atau tanah merah yang sukar dilewati pada saat musim hujan,” kata ketua JMTB, Achmad Fauzie,”butuh waktu satu jam lebih menggunakan motor, atau dua jam menggunakan mobil sebelum kita menemukan jalan aspal.”

Menurut pemuka masyarakat Cibuntu, Abdurrahman, keberadaan saung baca sangat membantu warga Cibuntu –terutama anak-anak sebagai tempat belajar, mengaji, sekaligus shelter sebelum mereka berangkat sekolah keesokan paginya. “Jarak rumah ke sekolah, sekitar tiga hingga enam kilometer yang harus mereka tempuh setiap hari dengan naik-turun bukit,” katanya. Posisi saung baca sendiri berada sekitar 1.2 kilometer dari sekolah terdekat.  Manfaat lainnya, saung baca juga menjadi tempat ibu-ibu mengaji.

Tentu saja, JMTB dan Journalist 4×4 tidak sendirian. Beberapa mitra ikut berpartisipasi dalam pembangunan saung ini seperti: Bank BNI, PT Dimension Data, PT Pertamina Lubricant, Sinarmas Group, PT Bank Mandiri Tbk, PT Garuda Food, PT XL Axiata Tbk, Bank BCA, dan PT SAB Indo Industries. Pembangunan dan peresmian saung ini merupakan rangkaian kegiatan JMTB pada ulang tahunnya yang ke-enam.

Kegiatan lainnya adalah gowes menuruni Puncak Pass menuju Gadog, Bogor, Jawa Barat. Hampir seluruh goweser JMTB turun di acara ini untuk menikmati indahnya pagi, menantang adrenalin dengan berakrobatik (dalam speed tinggi) di jalur perkebunan teh, dan melewati beberapa obstacle di sepanjang lintasan 20-an kilometer tersebut.

Jadi, Selamat ulang tahun dan bravo JMTB!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *