Cross Country Perdana, Lakukan Ini

Apakah ini kali pertama Anda bersepeda cross country. Jika ya, ikuti panduan berikut –ketimbang Anda harus terkapar di lintasan karena salah ambil jalur dan teknik:

  • Perhatikan lintasan yang Anda tempuh. Artinya, Anda perlu berpikir sebelum menempuh lintasan yang dilalui. Kesalahan Anda dalam menghitung kesiapan diri dan risiko yang akan dihadapi, bisa menyebabkan kecelakaan.
  • Jangan terlalu fokus pada satu hal (rintangan) dalam waktu yang lama. Selalu perhatikan hal-hal lain yang harus Anda lakukan senjutnya.
  • Jangan kunci pandangan Anda pada pesepeda di depan Anda, arahkan juga mata Anda 1-2 meter ke depan. Jadi ketika dia celaka, Anda belum tentu mengikutinya.
  • Pindah ke gigi rendah saat roda sepeda Anda menjejak dasar lintasan yang tak terlihat seperti pasir, air, dan lumpur. Pindahkan beban ke roda belakang dengan mencondongkan tubuh ke belakang. Jangan mengerem secara mendadak karena Anda bisa kehilangan traksi terhadap permukaan lintasan. Santai saja dan tetap melaju dengan meliuk-liukkan sepeda. Cara ini membuat roda depan meluncur melewati lintasan lunak.
  • Angkat pantat dari sadel ketika sepeda Anda menjejaki lereng yang terjal atau ketika jalur menurun –membuat Anda memiliki lebih banyak waktu saat menghadapi rintangan-rintangan yang tak terlihat. Selain itu, cara ini memudahkan Anda menjatuhkan diri ke belakang ketimbang melayang ke depan saat Anda lepas kontrol pada sepeda.
  • Hindari menggenggam setang dengan erat. Karena membuat tubuh bagian atas tegang dan menjadikan Anda lebih mudah capek. Genggam dengan santai, tapi jangan terlalu longgar.
  • Jangan menempatkan ibu jari di atas setang. Imbasnya, ketika Anda menabrak sesuatu Anda akan mudah kehilangan pegangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *