Road Bike Thrill Ardent

Pendatang Lokal, Rasa Internasional. Meski harganya terjangkau, namun teknologi yang ditanamkan di frame sepeda ini bak sepeda kelas butik dari pabrikan luar negeri.

Thrill, pabrikan sepeda Indonesia kembali membuat terobosan besar di awal tahun 2017 ini. Berkutat cukup lama di genre sepeda mountain bike, dan sangat menonjol dengan line up produk BMX Cross sekaligus memiliki tim pembalap BMX terbaik Indonesia, kini Thrill muncul dengan line up sepeda road bike.

Kemunculan Ardent seri 1.0–4.0 ini seolah menjawab isu yang beredar sejak pertengahan tahun 2016, saat itu, sepeda balap (road bike) Thrill muncul dengan masih menggunakan part MTB. Dan apa kerennya Ardent? Mendapatkan kesempatan untuk mencoba prototype-nya, bisa disimpulkan Ardent memiliki posisi riding yang cukup nyaman dan cenderung ke arah race. Mudah-mudahan, geometri ini tetap dipertahankan saat Ardent resmi diluncurkan pada bulan Februari ini. Kenikmatan mengendarai Ardent hampir serupa ketika Anda mencoba sepeda pabrikan terkenal luar negeri.  Selain itu, teknologi tripple butted pada material alloy 6XXX membuat frame lebih ringan –salah satu syarat mutlak untuk sepeda jenis road bike. Bobot ringan ini juga disumbang oleh fork berbahan karbon. Oh ya, tentu saja, semakin tinggi spek yang ditanamkan, misalnya menggunakan Ardent 1.0 (jika dibandingkan Ardent 4.0), maka semakin ringan bobot sepeda tersebut.

Salah satu keunggulan lain Ardent adalah inner cabble routing, di mana kabel masuk ke dalam body frame sehingga tampilannya lebih rapi dan berkelas. Dan, yang unik jika Anda memperhatikan secara detail seat tube maka Anda akan melihat oval bottom seat tube, yang akan membuat pedaling lebih efektif. Beberapa dekade lalu, pabrikan mountain bike dari luar negeri pernah menggunakan pendekatan ini, dan hasilnya, sepeda buatan mereka –meski berbahan chromolly- masih menjadi sepeda legenda hingga saat ini. Teknologi lainnya adalah balistic rear triangle yang diklaim mampu meredam guncangan.

Satu-satunya pertimbangan adalah titik stiffness Ardent yang belum pas. Semoga, hal ini bisa disempurnakan pada produk yang akan launching Februari ini. selamat datang, Ardent! (Gilang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *